sejarah


                 
Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu atau disingkat HPMM Kom. Unhas adalah sebuah organisasi kemahasiswaan dengan struktur Pimpinan HPMM yang berada pada tingkat perguruan tinggi negeri. Komisariat Universitas Hasanuddin hadir mewadahi warga dan keturunan massenrempulu yang melanjutkan studinya di Universitas Hasanuddin untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita HPMM.

                    HPMM Kom. Unhas didirikan pada tahun 1992 dengan priode kepengurusan yang berubah dari masake masa. Diiringi semangat kebersamaan dalam berorganisasi, HPMM Kom.Unhas mencoba untuk berproses dengan keinginan besar untuk membangun tanah Kelahiran tercinta yaitu Massenrempulu untuk memberikan sumbangsi. Dan mencoba tetap menjaga eksistensinya sebagai salah satu lembaga mahasiswa dan pelajar dari massenrempulu.

                  Pelajar dan mahasiswa massenrempulu sebagai bagian yang integral dengan seluruh masyarakat massenrempulu secara khusus dan ummat islam secara umum yang menyadari akan hak dan kewajibannya, dituntut peran serta dan tanggung jawabnya dalam mengemban dakwah islamiah untuk menegakkan nilai-nilai akidan islam, nilai kemanusiaan yang berdasarkan pada fitrah manusia itu sendiri. Pelajar dan mahasiswa massenrempulu bertanggung jawab dalam rangka merapatkan ikatan ukhuwah islamiah, ikhuwah watoniah, ukhuwah bazariah serta berjuang keras mewujudkan tatanan masyarakat yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam musyawarah, serta tegaknya nilai-nilai kebenaran, keadilan dan kesejahteraan bagi ummat manusia dalam rangka semata mengabdi kepada allah SWT.

                HPMM yang berazazkan Islam dan bertujuan membina Pelajar dan mahasiswa massenrempulu menjadi insan yang beriman, bertaqwa, berilmu, kreatif yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridohi Allah SWT. Kemudian HPMM komisariat Unhas yang semua anggotanya mahasiswa pastinya memegang prinsip Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

        Dinamika organisasi sebagai komunitas intelektual, tempat aktivitas belajar dalam mengimplementasikan tujuan-tujuan paripurna kehidupan, seyogyanya mampu mematangkan ide-ide konstruktif dalam rangka membentuk jati diri. Pada kepengurusan Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu Komisariat Uneversitas Hasanuddin telah mampu menunjukkan perkembangan  yang signifikan dalam upaya mendukung kebijakan pengurus dalam merealisasikan program-program kerjanya. namun yang menjadi factor pendukung sehingga mampu merealisasikan sebagian besar program kerjanya adalah selalu menjaga Nilai-nilai solidaritas meskipun dilatar belakangi oleh keilmuan yang berbeda-beda di internal anggota.

              Dalam perjalanannya tak ayal setiap perjuangan membutuhkan perjuangan untuk tetap bertahan. Roda zaman yang terus bergerak dan berubah meninggalkan jejak yang perlu penafsiran dari berbagai sudut pandang sehingga nantinya tidak ada yang salah dalam memaknai jejak-jejak itu. Untuk menjaga regenerasi dalam lembaga kader yang mewadahi seluruh mahasiswa dari massenrempulu. Sebagai tempat berinovasi, dan  berkreasi dalam suatu jalinan persaudaraan.



Beberapa figur ketua umum HPMM Kom. Universitas Hasanuddin:

1      Agustam Damma                        periode                             1997-1999
2      Try Gunawan                              periode                             1999-2000
3      Rafiuddin Sahali                         periode                             2001-2002
4      Jufri sawitto                               periode                             2002-2004
5      Harianjas Pekamase                  periode                              2005-2007
6      Zainal                                       periode                              2007-2009
7      Sainal                                       periode                              2009-2010
8      Murjiono                                    periode                              2010- 2011
9      Muh. Rusdiansyah                     periode                              2011-2012
10    Mustafa Yusuf                           periode                              2012-2013
11    Arif Salam                                 periode                              2013-2014
12    Muh. Salata                               periode                              2014-2015
13    Sofyan Haryono                         periode                              2015-2016 (sekarang)



                                                                      >>>Sumber: Document HPMM Kom.Unhas<<<
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments: