13 Poin Enaknya Jadi Mahasiswa Universitas Hasanuddin

Menjelang penerimaan mahasiswa baru, mulai banyak mahasiswa yang mempromosikan keunggulan kampusnya masing-masing. Ada dari Universitas Gajah Mada yang justru membuatnya dalam bentuk Ebook, ada juga dari kampus Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan dan masih banyak lagi. Saya pun tak mau ketinggalan mau bercerita tentang keunggulan kampusku, Universitas Hasanuddin,Makassar, Sulawesi Selatan. 

1. Beasiswa yang ditawarkan bertaburan bak kacang goreng. Contohnya saja ada beasiswa PPA yang kabarnya tahun ini akan memberikan bantuan dengan kuota 1900 mahasiswa, ada juga beasiswa B3M, beasiswa PT ANTAM, beasiswa Tanoto Foundation dan puluhan beasiswa lainnya yang berasal dari berbagai instansi baik dari pemerintah maupun perusahaan swasta.

 2. Kerjasama dengan berbagai universitas luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan adanya MOU dengan puluhan universitas luar negeri seperti universitas di Korea, Inggris dan China. Hal ini membawa keuntungan bagi mahasiswa Unhas yang nantinya mendapat prioritas untuk menimba ilmu di sana. Selain itu ada American Corner dan Iranian Corner yang memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengenal lebih dekat dengan negara Amerika dan Iran. 

3. Bagi yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya, ada kurang lebih dua puluh Unit Kegiatan mahasiswa (UKM) yang mewadahi mahasiswa untuk menyalurkan bakatnya mulai dari UKM Catur, tenis meja, baseball, karate,penalaran ilmiah, paduan suara mahasiswa, dunia broadcasting , Produksi film, dunia teater, dunia fotografi dll. Bagi yang suka dengan kegiatan tantangan bisa gabung dengan Korpala, Pandu alam Lingkungan dan Mapala 09 (kegiatan pencinta alam), Fisheries Diving Club dan Satuan Konservasi maritim (untuk kegiatan yang berhubungan dengan laut termasuk aktivitas menyelam dan konservasi lingkungan laut), KSR PMI UNHAS, SAR Unhas (kegiatan kemanusiaan), Menwa (kegiatan pendidikan ala militer) dan bagi yang hobi jurnalistik dan menulis ada Pers Identitas, LPMH, KPI, FLP Unhas, Kosmik dan masih banyak lagi 

4. Kampus Unhas telah melahirkan banyak tokoh-tokoh inspirasi yang namanya santer dikabarkan misalnya saja Pak Jusuf Kalla, Abraham Samad, Hamdan Zoelva dan masih banyak lagi. 

5. Ada banyak kegiatan gratisan di kampus merah ini baik itu workshop, kuliah umum, seminar, dan pelatihan berskala nasional dan internasional. Contohnya saja pelatihan dini dunia kerja, tes TOEFL gratis,kegiatan yang disponsori Pertamina, APEC, World Bank, USAID, dan masih banyak lagi. 

6. Bagi yang passion di dunia wirausaha, Unhas memfasilitasi mahasiswanya untuk menjadi entrepreneur. Adanya program Program Mahasiswa wirausaha (PMW) dengan dana bantuan hingga 25 juta/proposal, belum lagi ada Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan yang berkerjasama dengan DIKTI dengan dana hibah hingga 12,5 juta. Ada juga Bni Marketeers yang beberapa tahun belakangan ini menjadikan kampus Unhas sebagai pusat kegiatannya. 

7. Ada banyak perusahaan yang langsung mendatangi kampus Unhas untuk merekrut lulusannya. Adanya unit Job Placement Center (JPC) yang menjadi menjadi perantara mahasiswa dengan perusahaan tersebut. 
8. Mau makan-makanan murah, kawasan workshop Unhas jawabannya. Tempat ini boleh dikata pusat kulinernya mahasiswa Unhas. Harga yang ditawarkan murah meriah misalnya saja Pisang ijo seharga 4ribu, es buah mulai 5ribu, Ayam Crispy ala Warung Barokah yang rasanya mirip-mirip ayam KFC seharga 8ribu saja. Jika pagi hari, berbagai penjual nasi kuning akan dijumpai. Nah kalau malamnya tempat jualannya berubah menjadi warung ayam lalapan, ayam bakar dan nasi goreng yang harganya mulai dari 8ribu 

9. Perpustakaannnya luas dan punya ratusan ribu koleksi buku mulai dari buku berbagai disiplin ilmu, jurnal,majalah dan koleksi skripsi. Kita juga bisa mendapatkan berita yang update karena perpustakaan Unhas langganan kurang lebih 5 jenis koran tiap hari (Republika, Tribun Timur, Kompas, Ujung Pandang Ekspress dan Fajar). 

10. Bagi yang galau dan butuh refresing, ada danau Unhas yang menyuguhkan pemandangan yang indah dengan air yang tenang yang membuat hati ikut tenang. 

11. Bagi yang hobby berenang, Unhas punya kolam renang. Biayanya murah 3000 saja bisa sepuasnya berenang. 

12. Jangan dikata orang-orangnya hanya berkutat di bidang akademik saja, ada beberapa artis yang lahir dari kampus ini misalnya Iin X Factor, Inha KDI, Priska Indonesia Idol. 

13. Ada beberapa dosen yang dijuluki ayah dan ibu anak-anak Unhas karena dinilai mereka punya sifat layaknya orang tua mereka di rumah sendiri . Setidaknya bisa mengobati rasa sayang sama ortu di kampung. Tokoh yang dimaksud seperti Ibu Meta Mahedradatta, Nasaruddin Salam, Pak Aminuddin Salle, Inayah Yasir Baeda dan lain-lain. 
Kurang afdol rasanya kalau keunggulan semua yang dibahas. Kekurangan dari kampusku ini hanya ada beberapa misalnya kecepatan internetnya masih tergolong lambat, sebenarnya ada banyak Wifi tapi diproteksi oleh pihak2 tertentu, kegiatan kemahasiswaan juga agak dibatasi pergerakannya dan bagi yang suka baca Majalah Tempo, perpustakaan kampusku belum menyediakan (saya termasuk yang berharap kedepannya disediakan). 
      Tapi tenang saja,mengingat kampus ini lagi berbenah menuju kampus dunia (World Campus), berharap nantinya ada banyak perubahan beberapa tahun kedepan apalagi saat ini Kampus Unhas sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN). Tunggu saja tanggal mainnya kampus ini secara perlahan bertransformasi ke kampus berstandar dunia. Jadi tunggu apa lagi, jadikan kampus Unhas menjadi salah satu prioritas pilihanmu dalam menimba ilmu. Mari, jadi salah satu keluarga besar almamater Universitas Hasanuddin, salah satu kampus terbesar di Indonesia Timur. 

     Ditunggu kedatangannya! Tambahan Informasi (kotakinfo.net) Ada empat macam jalur penerimaan mahasiswa reguler di Unhas, yaitu: 1. SNMPTN 2. SBMPTN 3. POSK (Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan) 4. JNS (Jalur Non Subsidi) Ada dua jalur peneriman terakhir yaitu POSK dan JNS merupakan jalur mandiri yang diselenggarakan oleh Unhas. Uang Kuliah tunggal yang dikenakan pada jalur Non Subsidi (JNS) minimal kelompok IV atau tergantung kepada penghasilan orang tua sedangkan UKT pada jalur SNMPTN, SBMPTN dan POSK bisa berada pada kelompok I s/d IV.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment